Mengatasi berbagai penyakit dengan buah kecubung

Daun kecubung
Di daerah pedesaan khususnya di pulau jawa tanaman kecubung yang tumbuh di kebun atau taman-taman yang sebagian besar di pakai untuk pekarangan.

Terkadang buahnya yang bulat dan bintil-bintik ini sering dijadikan mainan oleh anak-anak.

Tanaman ini masih satu keluarga dengan solanaceae,masih sodaraan sama terong sama kentang,kecubung biasanya berwarna putih dan ungu bunganya tetapi hibridanya bermacam macam warna.Buah kecubung ini pertama kali di gunakan obat-obatan pada abad ke 10 kecubung ini ada yang berasal dari benua asia dan amerika.

Buah kecubung ini banyak jenis nya yang di jadikan obat antara lain,Datura stramonium,Datura statuta dan Brugmansia suaviolens,Tetapi daya khasiat masing-masing buah kecubung,berbeda-beda dan jangan sampai salah menggunakan atau mengkonsumsi buah kecubung karena bisa menimbulkan keracunan yang mengakibatkan teler/pusing yang sangat berbahaya.

Hampir semua semua bagian buah kecubung ini bisa dijadikan obat karna semua bagian buah kecubung ini mengandung banyak alkaoida atau biasa di sebut hiosamin (atropin) dan scopolamin,seperti tumbuhan atropa belladona.

Biji Kecubung banyak mengandung hiosin dan lemak dan adaun nya mengandung banyak kalsium oksalat.Berkhasiat untuk  mengobati penyakit rematik,sembelit,asma,sakit pinggang,bengkak,exim,encok dan radang telinga.

Buah kecubung


Daun kecubung banyak mengandung hyasciamin dan scopolamin yang sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit asma,encok (linu tulang ) dan penyakit kulit.

Kecubung dimanfaat kan untuk mengobati berbagai macam penyakit antara lain :


  •   Rematik.Caranya,ambil daun dan bunga kecubung secukupnya,tambahkan bawang merah  secukupnya,jahe secukupnya kemudian di tumbuk jadi satu sampai halus setelah halus tumbukan tempelkan ke tempat yang sakit.
  •  Sembelit.Caranya,ambil 2 buah bunga kecubung lalu diolesi dengan minyak kelapa lalu di panggang diatas api hingga daunnya menjadi layu.Daun yang sudah layu di tempelkan diatas perut.lakukan dengan rutin kalo bisa 2-3 kali.
  • Asma.Caranya,ambil beberapa lembar daun kecubung lalu diiris-iris ampai halus,setelah diiris-iris lalu di jemur sampai kering.Daun yang sudah kering di linting seperti lintingan roko,lalu dihisap seperti roko
  • Sakit Pinggang.Caranya,ambil daun kecubung 5sampai 10 lembar,yang batangnya ungu dan campurkan dengan kapur sirih lalu di tumbuk hingga halus,setelah halus tempelkan di tempat yang sakit
  • Exim.Caranya,ambil daun kecubung kira-kira 25gram lalu daun kecubung di tumbuk sampai halus di tambahkan minyak kelapa secukupnya lalu di panaskan di atas api,tempelkan ramuan tersebut pada exim dan biarkan beberapa saat.

Bunga kecubung

Demikianlah penjelasan buah kecubung,buah ini sangat baik dan dapat mencegah berbagi macam penyakit,sekian dulu apa yang saya tulis dan saya sampaikan ke pada anda semua semoga apa yang saya jelaskan ini bermanfaat untuk kalian semua.....see you next time.

Related Posts:

0 Response to "Mengatasi berbagai penyakit dengan buah kecubung"

Post a Comment